Halaman

Rabu, 28 Oktober 2009

Gempa Bumi Berdemo ?

Dalam kurun waktu dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 27 Oktober 2009 di wilayah nusantara tercatat oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi sebanyak 20 kali gempa bumi dengan kekuatan bervariasi antara 3,4 sampai 7,3 SR.

Memang...dari sekian kali gempa yang tercatat tersebut tidak ada yang menimbulkan dampat seperti yang terjadi di Tasikmalaya atau Padang beberapa waktu sebelumnya, karena pusat gempa terjadi jauh di tengah laut, sehingga tidak menimbulkan efek tsunami maupun runtuhnya bangunan atau efek bencana gempa lainnya.

Namun yang jadi pertanyaan kita adalah...mengapa gempa bumi itu harus terjadi secara beruntun, hampir setiap hari bahkan dalam satu hari bisa terjadi lebih dari satu kali gempa. Seolah-olah gempa bumi ini sedang "berdemo" kepada Bangsa Indonesia. Seperti tidak mau kalah oleh mahasiswa, karyawan, pedagang kaki lima dan lain-lain yang sering berdemo, menghiasi layar kaca hampir setiap hari.

Ada apa gerangan dengan bangsa Indonesia yang kita cintai ini ? Atau dengan menggunakan istilah agama, apakah gempa ini merupakan musibah, cobaan, peringatan atau adzab dari Allah SWT terhadap bangsa Indonesia ?

Kalau boleh berpendapat, mungkin apapun hikmahnya dari gempa bumi ini...kita harus introspeksi dan memperbaiki diri masing-masing agar melalui gempa bumi ini kita mendapatkan hikmah yang terbaik. Semoga dibalik rentetan gempa bumi yang terjadi saat ini melahirkan negara dan bangsa Indonesia menjadi negara yang baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur, negara yang adil, makmur dan sejahtera di bawah lindungan dan ampunan Allah SWT yang Maha Ghafur. Amin.


Sumber Data :
http://www.bmg.go.id/gempadirasakan.bmkg?Jenis=URL&IDS=0261154091982197426

3 komentar:

  1. yah apapun maksud dibalik semua kejadian itu semoga bisa kita ambil hikmahnya dan semoga manusia bisa semakin dekat dengan Sang Pencipta

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Amin......!
    Terima kasih atas kunjungannya, mbak.

    BalasHapus

Banyak kejadian baik yang dialami, disaksikan langsung atau lewat berita media masa yang kadang mengganggu pikiran karena aneh, lucu, mengerikan atau sekedar ingin tahu mengapa itu harus terjadi.


Melalui blog ini saya mengajak para pembaca untuk berbagi saran, pendapat, komentar, penjelasan ilmiah atau bentuk apa saja yang dapat memberikan jawaban, yang mungkin bermanfaat dan dibutuhkan orang lain.